Cara Memilih Handphone Sesuai Kebutuhan




1. Prosesor atau CPU (Central Processing Unit)

Yang paling utama dan yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone android yaitu prosesor yang digunakan. SoC (System on Chip) merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone android. Jika spesifikasi cpu yang digukan rendah maka jangan heran jika smartphone android terasa lemot dan sering lag walaupun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi.

2. RAM (Random Access Memory)

Jika prosesor atau chipset bekerja sebagai otak, maka ram adalah sebagai ingatanya. Ram berguna ketika kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan maka semakin besar juga memory yang dibutuhkan. Dengan Ram besar, kita dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar. Namun, jika salah dalam pemilihan ram, android yang kita gunakan akan terasa lambat dan aplikasi yang kita jalankan akan sering stuck dan force close.

3. GPU (Graphics Processing Unit)

Sesuai namanya, fungsu GPU adalah sebagai pemroses grafis. Dengan memilih GPU yang baik maka performa 2D dan 3D android akan sangat cepat dan lancar. Contohnya ketika kita menonton video dan game, tidak akan ada lag maupun stuttering yang mengganggu jika GPU nya mumpuni. Selain lancar, menggunakan GPU mumpuni juga dapat memanjakan mata kita karena tampilan grafis yang memukau, detail dan jernih. 

Komentar